Saturday, May 27, 2006

Gempa Jogja 5.9 SR

27 Mei 2006 jam 6 pagi
Gempa bumi 5.9 Scala Richter melanda Yogyakarta.
Kami warga Jogja dan disekitarnya pagi ini jam 6 digemparkan dengan adanya gempa. Saat itu kami ber-4 (SND, AY, IH, NSW) dosen Teknik Elektro UAD semalam tidak pulang dan lemburan di kantor/kampus III lantai 2 untuk finishing membuat proposal PHK A2.

Awalnya kami taktahu ada apa, tiba2 guncangan hebat terjadi dan listrik seketika padam, untuk karena temen2 pada sigap langsung mengucap; “gempa.....lari keluar.... turun ke halaman”. Alhamdulillah, mlm itu AY dan NSW yang awalnya tidur, saya dan IH yang memang blas gak tidur, sehabis sholat shubuh semua di dalam 1 ruangan menghadap komputer untuk mencermati bersama proposal yang telah kita buat.

Begitu guncangan hebat terjadi, kami semua berhamburan keluar dan turun ke lantai dasar. Tampak pecahan genting beterbangan dan berserakan, alhamdulillah kami ber4 selamat takada kena satu apapun yang melukai. Bangunan kampus lantai 3 hampir semua roboh. Kami semua bergegas pulang untuk mengetahui kondisi keluarga dan rumah masing2, kita tinggalkan pekerjaan proposal.

Dalam perjalanan pulang, saat itu saya gakbawa mobil ke kampus (saya awalnya diboncengin IH, lalu naik taxi), kami lihat betapa hebatnya kekuatan gempa yang barusan terjadi. Banyak rumah roboh, pohon tumbang, debu2 mengepul, kendaraan terperosok, orang2 bergerombol dalam suasana tegang, ya tegang banget. Suasana semakin takmenentu ketika komunikasi via HP juga takbisa dilakukan.

Kami takmenduga dan mengira bahwa ini gempa tektonik. Soalnya dalam bulan2 terakhir ini, kami disibukkan dengan berita semakin meningkatnya aktivitas gunung Merapi Sleman (utara Jogja) yang mengeluarkan lahar dan diperkirakan bisa sewaktu2 meletus. Eh, info terakhir ternyata ini gempa berpusat di Bantul (selatan Jogja).

Setelah evakuasi dan pendataan korban berhari2 dilaksanakan, tercatat korban tewas lebih dari 6000 orang. Alhamdulillah, perumahan kami semua selamat, cedera yang haus ke RS pun tiada. Kalo kampung sebelah, denger2 ada 5 orang yang meninggal tertimpa bangunan rumah.

No comments:

Post a Comment